8/28/15
0 komentar

Gemar Bermain Game, Wanita ini Menjadi CEO Nixiagamer

11:57 AM
Gemar Bermain Game, Wanita ini Menjadi CEO Nixiagamer
Nixia gamer wanita profesional sekaligus CEO Nixiagamer. Foto: Nixiagamer
Bermain game adalah hobi yang identik dengan kaum pria. Terbukti ketika Anda bermain game online maupun mengunjungi game center, Anda akan melihat dan menemui banyak pemain pria di sana. Namun, tahukah Anda bahwa di Indonesia, ada seorang wanita yang berkat hobinya bermain game, sekarang ia menjadi seorang gamer wanita profesional, sekaligus CEO dan founder dari Nixiagamer.

Nixia, Fatal1ty, dan Nixiagamer
Gemar Bermain Game, Wanita ini Menjadi CEO Nixiagamer
Monica Carolina, atau yang lebih dikenal dengan nama Nixia. Foto: Tech in Asia

Monica Carolina, atau yang lebih dikenal dengan nama Nixia, adalah seorang wanita yang gemar sekali bermain game genre first-person shooter (FPS). Mengawali karirnya di dunia game pada tahun 2008, dimana saat itu teman-teman Nixia yang seluruhnya pria, mengikuti kompetisi kualifikasi WCG (World Cyber Games) 2008 Indonesia dan berhasil meraih juara dua dalam game Call of Duty 4. Lalu, ketika sedang hype-nya game Guitar Hero, Nixia pun mencoba mengikuti kompetisi-kompetisi Guitar Hero dan memenangkannya.

Selain bermain game, Nixia juga sempat menjadi penulis freelancer di majalah CHIP Indonesia, dan sempat juga menjadi moderator forum CHIP, IndonesianGamer, Gamexeon, dan VideoGamesIndonesia.

Dari hobinya itu, pada tahun 2011 Nixia mendirikan Nixiagamer.com karena terinspirasi dari Fatal1ty, seorang juara dunia FPS, yang pernah melakukan pertandingan satu lawan satu dengan Nixia dalam sebuah acara peluncuran produk di Jakarta.

Saat itu Nixiagamer memiliki fungsi sebagai media archive dari kegiatan-kegiatan pribadi Nixia di dunia gaming serta review-review hardware, gaming gear, berbagai game terbaru maupun gadget. Pada awalnya, Nixia melakukan review-review gaming gear terbaru dengan modal sendiri karena penasaran akan bagus atau tidak produknya. Terlebih lagi ia sebagai gamer saat itu sangat sensitif dengan gaming gear demi kenyamanan bermain. Dari sekedar iseng membeli, hingga akhirnya menumpuk menjadi barang koleksi, namun ada beberapa juga yang langsung dijual kembali.

Nixiagamer pun semakin terkenal dan kemudian mulai didukung oleh beberapa vendor hardware yang memberikan secara sukarela produk gaming-nya untuk direview oleh Nixia dan ada beberapa juga yang memasang iklan di website yang dananya sebagian diarahkan untuk membeli produk gaming baru untuk direview.

Hingga saat ini, Nixiagamer telah disponsori oleh beberapa vendor gaming gear seperti MSI, NVidia, dan Corsair yang memberikan dana, laptop, dan gaming gear seperti mouse, keyboard, dan headset secara berkala kepada Nixiagamer.

Nixia telah mengikuti banyak kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional. Dari kejuaraan-kejuaraan itu, ia telah meraih beberapa prestasi yang luar biasa. Saking banyaknya, saya tidak dapat memuat seluruhnya di sini, namun Anda dapat melihat sebagian prestasi Nixia antara lain:
  1. Juara dua Guitar Hero Tournament di kualifikasi World Cyber Games 2009, Jakarta
  2. Juara satu Guitar Hero Tournament di Hotgame FKI 2010, Jakarta
  3. Juara satu Call of Duty 4 Hotgame Tournament di Indonesia Games Festival 2012, Jakarta Convention Center
  4. Peringkat empat Battlefield 3 GamersPlatoon Asia-Europe Tournament
  5. Juara satu 1vs1 Counter Strike: GO ASUS Challenge Session 4

NXA Ladies
Gemar Bermain Game, Wanita ini Menjadi CEO Nixiagamer
NXA Ladies, sebuah sub team dari Nixiagamer, yang seluruh anggotanya adalah wanita. Foto: Nixiagamer

Nixia juga merupakan pemrakarsa dari NXA Ladies, sebuah sub team dari Nixiagamer, yang seluruh anggotanya adalah wanita. Grup ini sebenarnya terbentuk secara tidak sengaja. Di tahun 2011, Nixia bertemu dengan rekan kerja wanitanya yang juga menyukai game bergenre FPS. Bermula dari pertemuan itu, dia berpikir untuk membentuk tim yang beranggotakan wanita seluruhnya dari situlah NXA Ladies lahir.

NXA Ladies kini aktif dalam mengikuti kejuaraan tingkat nasional dan internasional. Dari kejuaraan-kejuaraan yang diikuti, tim NXA Ladies telah berhasil meraih banyak sekali prestasi yang luar biasa, baik itu kejuaraan yang hanya diperuntukkan untuk wanita, maupun kejuaraan yang bersifat terbuka. Sebagian prestasi NXA Ladies antara lain:
  1. Juara satu Counter Strike Online Ladies Tournament di Megaxus Olimpiade 2012, Jakarta
  2. Juara satu Counter Strike: GO – MSI Gaming Night – di Computex Taipei, Taiwan
  3. Peringkat empat Asian Cyber Games: Call for the Beauties Dota 2 Tournament 2014
  4. Peringkat empat Female SEA League season 2 Dota 2 Tournament 2014
  5. Peringkat empat Counter Strike: GO Indonesia Game Show 2014 di Jakarta Convention Center, Jakarta
Saat ini, NXA Ladies memiliki empat anggota aktif, yaitu Nixia, Angelia, NadyaKagomechan, dan Xaviera serta satu anggota tidak tetap. Tidak hanya untuk game FPS saja, kini NXA Ladies telah melakukan ekspansi ke game Dota 2 yang lima personilnya nanti akan diumumkan pada bulan September mendatang.

Sponsorship
Gemar Bermain Game, Wanita ini Menjadi CEO Nixiagamer
Tampilan muka situs resmi milik Nixiagamer. Screencapture

Sebagai satu-satunya tim gamer wanita profesional di Indonesia, beberapa vendor gaming gear terkemuka di dunia menaruh perhatiannya kepada NXA Ladies. MSI adalah yang pertama kali menjadi sponsor NXA Ladies dengan kontraprestasi berupa dana dan lima buah laptop gaming MSI untuk tiap anggotanya. Menyusul ialah NVidia dan Corsair, yang mensponsori NXA Ladies dengan dana serta gaming gear-nya.

Sepertinya, keputusan MSI, NVidia, dan Corsair untuk mensponsori NXA Ladies adalah pilihan yang tepat. Menjadi salah satu tim gamer wanita yang profesional di Indonesia merupakan nilai plus tersendiri bagi NXA Ladies. Mereka berhasil menarik perhatian para gamer di Indonesia, yang juga meningkatkan reach MSI, NVidia, dan Corsair secara simultan. Puas dengan hasil kerjasamanya, dari tahun 2013 hingga saat ini, NXA Ladies memperoleh beberapa ribu dolar perbulannya dari hasil kerjasamanya dengan sponsor-sponsor tersebut.

Gemar Bermain Game, Wanita ini Menjadi CEO Nixiagamer
Monica Carolina atau Nixia, CEO dan founder dari Nixiagamer. Foto: Nixiagamer


Sumber: Artikel ini sebelumnya diposting oleh TECH in ASIA (klik disini)

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top