5/5/15
0 komentar

Eagle Awards Documentary Competition (EADC) 2015 Siap Digelar

5:17 PM
Eagle Awards Documentary Competition (EADC) 2015
Eagle Awards Documentary Competition (EADC) 2015 Siap Digelar

Kompetisi Film Dokumenter tahunan Eagle Awards Documentary Competition (EADC) siap digelar...!

Kompetisi Film Dokumenter satu ini memang tak pernah absen dihelat sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005. Tahun ini merupakan tahun ke-11 penyelengaraan program Eagle Awards Documentary Competition (EADC). Setiap penyelenggaraannya, Eagle Awards selalu memiliki tema yang berbeda-beda.

Mengutip laman resminya, EADC 2015 kali ini mengusung tema “Merajut Indonesia”, sebagai sebuah bentuk kesimpulan atas pembacaan Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara serta respon Eagle Institute Indonesia terhadap perjalanan 17 tahun Reformasi.

“Tema Eagle Awards selalu berangkat dari pembacaan terhadap kondisi Indonesia sebagai sebuah bangsa, karena bagi kami Eagle Awards adalah sebuah upaya untuk membaca dan menafsir Indonesia dengan cara yang lebih popular melalui medium film dan memposisikan kaum intelektual muda Indonesia sebagai garda terdepan," ujar Kioen Moe, Ketua Eagle Institute Indonesia selaku penyelenggara EADC 2015.

Kilas balik Eagle Awards sebelumnya telah mengangkat tema “Mencari Indonesia, Selamatkan Indonesiaku, Hitam Putih Indonesia,…dst” yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia yang tengah berada dalam tahapan transisi dan konsolidasi demokrasi. Dan tema tahun ini “Merajut Indonesia” dirasa tepat untuk usia 17 tahun reformasi di Indonesia. Kaum intelektual muda Indonesia diajak untuk melihat kembali secara obyektif Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar, yang selanjutnya akan melahirkan film antologi yang “Inspiratif, Menggugah Emosi, dan Mengubah Prespektif”.

Ini bakal menjadi tantangan baru bagi kaum intelektual muda untuk menafsir nilai-nilai nasionalisme dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara, dan menurunkannya kedalam medium film dokumenter.

Program yang memadukan beasiswa pendidikan film, produksi dan kompetisi ini akan dibuka dengan roadshow di lima kota yakni Semarang, Ambon, Bali, Palu, dan Pekanbaru. Penerimaan proposal dibuka mulai 4 Mei sampai dengan 9 Juni 2015. 

Sementara untuk berkas TOR (term Of Reference) dan form proposal dapat di-download melalui www.eagleawards-doc.com mulai tanggal 4 mei 2015.  Bagi yang tertarik mengikuti kompetisi Eagle Awards ini bisa melihat informasi lebih lanjut di laman resminya Eagle Awards Documentary Competition (Klik Disini).


Sumber: Muvila

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top