11/25/13
0 komentar

Salah Panggang, Rasa Kopi Akan Sangat Pahit

1:03 PM
Kopi salah panggang.
Pada dasarnya ciri khas kopi memang terasa pahit, namun kadar tersebut sebenarnya masih bisa dinikmati oleh indra pengecap. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi rasa pahit kopi usai diseduh adalah biji kopi yang gosong.

"Saya ambil perumpamaan sepotong roti. Jika Anda memanggang roti pada suhu yang terlalu panas, maka akan membuat bagian roti gosong di luar, rasanya jelas akan menjadi pahit. Sama halnya jika Anda memanggang biji kopi," kata Alejandro Mendez, juara World Barista Championship 2011, dikutip Okezone di Kota Kasablanka, baru-baru ini.

Biji kopi yang dipanggang terlalu lama atau menggunakan temperatur terlalu tinggi akan menghasilkan kopi dengan rasa lebih pahit. Biji kopi menjadi gosong sehingga hasil gilingannya, berupa bubuk kopi, saat diseduh terasa seperti arang.

Biji kopi sendiri adalah biji dari buah tanaman kopi. Biji kopi dipanggang dengan tujuan mengkaramelisasi kandungan gula di dalamnya sehingga terasa manis ketika diseduh. Kandungan gula pada kopi yang terlanjur gosong saat dipanggang tidak lagi menghasilkan manis, melainkan pahit.

"Untuk mendapatkan secangkir kopi terbaik, yang harus Anda miliki adalah pengetahuan memanggang kopi, memiki biji kopi kualitas terbaik, dan terakhir adalah memanggang dengan medium roast. Jadi, medium roast adalah cara terbaik memanggang biji kopi untuk mengeluarkan rasa manis alami dari kopi," tutupnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top