11/25/13
0 komentar

Tips Agar Kopi Panas & Dingin Terasa Nikmat

1:13 PM
Nikmatnya minum kopi.
Kopi terasa kurang nikmat, pahit, atau justru kurang terasa dan beraroma bisa terjadi karena banyak faktor. Selain jenis kopi yang digunakan, air dan peralatan yang digunakan juga bisa membuat kopi kurang nikmat.

Berikut tips menyeduh kopi yang tepat untuk mendapatkan secangkir kopi nikmat, seperti diulas Sheknows:

Giling sendiri

Sebaiknya menggiling biji kopi sendiri di rumah sebelum diseduh untuk mendapatkan kopi dengan kualitas terbaik.

Takaran air

Selalu gunakan air botol atau air yang telah melalui proses penyaringan. Sementara untuk rasio takaran kopi dan air yang disarankan adalah 2 sdm kopi bubuk, maka membutuhkan 600 ml air. Selain itu, pastikan mesin kopi yang Anda gunakan selalu dibersihkan agar kopi tidak terlalu pahit saat diseduh. Cara sederhananya, cukup gunakan air panas.

Segera minum

Sebaiknya segera minum kopi yang sudah diseduh jika Anda memang tidak begitu suka rasa kopi yang sangat pahit. Semakin lama Anda membiarkan kopi yang telah diseduh di cangkir, maka kopi semakin pahit.

Tips es kopi

- Untuk membuat es kopi maka seduhlah kopi ekstra kuat jika tidak punya banyak waktu untuk mendinginkan kopi di kulkas. Lalu tambahkan es batu yang cukup agar es kopi cepat dingin. Es batu akan mencair dan kopi menjadi tidak sekuat waktu awal dibuat.

- Buatlah es batu kopi (minuman kopi yang dimasukkan cetakan es batu) di awal jika Anda mempunyai cukup waktu. Proses pembekuan ini akan mencegah es kopi kurang berasa ketika es batu mencair.

- Gunakan es batu yang baik, karena hasilnya akan mempengaruhi rasa kopi. Anda tentu tidak ingin mencicipi kopi dengan rasa freezer burn.

- Untuk meningkatkan rasa es kopi Anda, seduhlah kopi dengan mesin kopi Prancis atau Toddy.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top