11/25/13
0 komentar

Tips Menyiasati Kesalahan Membuat Kopi

12:58 PM
kesalahan membuat kopi.
Anda pernah menyeduh kopi namun hasilnya terlalu pahit, lemah atau justru terkalu kuat? Jangan khawatir, daripada membuangnya lebih baik disiasati dengan menambahkan sesuatu dan Anda bisa mencegah membuat kopi yang buruk lagi.

Berikut cara-cara menyiasati kesalahan membuat kopi yang menyebabkan rasanya tidak enak, seperti diulas Sheknows:

Terlalu pahit

Pahit kopi dapat disebabkan oleh beberapa hal berbeda, entah air yang terlalu panas, mesin seduh kopi tidak benar-benar bersih, biji kopi tidak baik atau kopi terlalu lama dipanggang. Saat kopi menjadi pahit, meskipun Anda tidak bisa mengembalikan waktu waktu untuk membuatnya ulang dengan membersihkan mesin atau mengurangi panas air sebelum digunakan, namun Anda bisa menambahkan sedikit garam pada kopi untuk mengurangi rasa pahit. 

Kedengarannya memang aneh, tapi cobalah. Jika pada saat membuat kopi dan masih terasa pahit padahal mesin bersih, air tidak terlalu panas dan biji kopi yang digunakan segar, makan tambahkan sejumput garam ke air sebelum menyeduh kopi.

Terlalu lemah

Jika kopi terlalu pahit atau terlalu kuat, Anda masih bisa mengatasinya, tapi jika terlalu lemah, rasanya Anda tidak sedang minum kopi. Kopi tidak begitu berasa dan beraroma biasanya disebabkan karena air yang digunakan untuk menyeduh kopi tidak cukup panas. Suhu ideal menyeduh kopi adalah 90-95 derajat Celsius. 

Untuk mengatasi kopi yang terlalu lemah, tambahkan sedikit kopi instan pada cangkir kopi yang telah dibuat. Untuk membuat kopi pada waktu berikutnya, pastikan menggunakan cukup kopi bubuk dan suhu panas air cukup.

Terlalu kuat

Untuk kopi dengan rasa yang terlalu kuat, solusinya cukup sederhana. Tambahkan air panas sampai pada tingkat kekuatan dan kekentalan yang diinginkan. Anda juga bisa menambahkan susu tanpa lemak dengan kandungan creamer lebih sedikit. Atau, tambahkan sedikit gula.


Selamat menikmati acara minum kopi anda ... :)

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top